Ini dia kisah Warren Buffet India

Rakesh jhunjhunwala

Adalah Investor saham triliuner,pebisnis,dan Chartered Accountant asal India yang sering dijuluki sebagai warren buffet nya india. Rakesh pertama kali mengenal pasar saham pada usia 11 tahun, ketika sang ayah yang merupakan pegawai pajak sering mendiskusikan pasar saham. Ketika Rakesh meminta izin sang ayah untuk bisa berinvestasi saham,ayahnya menolak dan justru menyuruhnya untuk lulus kuliah terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cerita Rakesh bisa menjadi triliuner dari investasi saham?

1.Anak Dari pegawai pajak

Rakesh jhunjhunwala lahir pada 5 juli 1960 dari keluarga berpendidikan di Hyderabad, Telagana, India. Ayahnya,Radheshyamji jhunjhunwala adalah seorang pegawai pajak penghasilah, dan ibunya, Urmila Jhunjunwala adalah seorang ibu rumah tangga.

Ayahnya juga seorang investor di pasar saham. Rakesh selalu mendengarkan diskusi ayahnya tentang pasar saham. Karena dia sangat ingin tahu tentang pasar saham. Karena dia sangat ingin tahu tentang pasar saham, maka dia pernah bertanya kepasa ayahnya tentang alasan fluktuasi harga saham.

2.Gagal Mendapatkan Izin Investasi Saham

Ayahnya menasehatinya untuk membaca koran setiap hari karena berita inilah yang membuat harga saham naik turun. Rakesh juga meminta ayahnya untuk bisa berinvestasi di pasar saham. Namun ayahnya menolak permintaan tersebut dan menyarankan untuk terlebih dahulu mendapatkan gelar sarjana dari sebuah perguruan tinggi.

3.Baru Mulai investasi Saham saat kuliah

Rakesh Jhunjhunwala memulai pendidikan dasarnya di sekolah biasa. Kemudian ia ke Mumbai untuk berkuliah di Sydenham College of Commerce and Economic untuk pendidikan Commerce-nya. setelah menyelesaikan pendidikan di sana, ia berpikir untuk menjadi seorang Chartered Accountand (C.A).

Ia lanjut berkuliah the Institute of Chartered Accountant of Indiadan meraih gelar C.A. Rakesh mulai belajar tentang pasar saham saat masih berkuliah.

4.Awal mula Investasi Saham

Rakesh pertama kali invest saham di tahun 1985 dengan modal 5000 rupee atau sekitar 13.730 rupiah pada saat itu. Di tahun 1985, Sensex atau indeks pasar saham di india, lebih mirip IHSG kalau di Indonesia masih di angka 150 sedangkan di tahun 2021 sudah mencapai angka 50.000.

Ayahnya menasehati Rakesh untuk tidak meminta uang temannya untuk investasi, tapi justru mendapatkan Client dengan modal 150.000 rupee dengan menjanjikan keuntungan 18%, bahkan ada yang berinvestasi kepadanya dengan modal 1.000.000 rupee.

5.Perjalanannya Menjadi Triliuner

Rakesh memperoleh keuntungan terbesar pertamanya ketika dia membeli saham tata tea seharga 42 rupee dan menjualnya si harga 143 rupee. Ia kemudian berinvestasi di lebih banyak perusahaan seperti Bata, Sesa Goa, Apollo Hospitals, dan Bharat Electronics. Selama tahun 1986-1989,ia memperoleh keuntungan sekitar 2 juta sampai 2,5 juta rupee.

Investasi terbaiknya sepanjang masa adalah di Titan yang sahamnya ia beli rata-rata 3 rupee yang sekarang harganya diatas 1500 rupee. Bahkan investasi utamanya masih di perusahaan ini. Per 30 september 2020,investasinya senilai 7697,80(setara dengan 5,52% saham) di perusahaan Titan.

6.Perjalanan Gak Selau Mulus

Kerugian terbesar Rakesh adalah selama jatuhnya pasar saham tahun 2008. Setiap sahamnya jatuh lebih dari 30%,tetapi Rakesh memiliki bakat luar biasa di pasar saham. Dia percaya pada pertumbuhan ekonomi India di masa depan.

Rakesh adalah orang yang punya kesabaran luar biasa,terbukti selama krisis pada tahun 2008, ketika semua orang menjual saham mereka tetapi Rkesh sendiri percaya pada pertumbuhan masa depan, berdiri di atas keyakinan dan menunggu pemulihan yang terbukti pada tahun 2012.

7.Masuk Jajaran Orang Terkaya India

Usaha dan kesabarannya membawanya ke daftar orang terkaya. Pada laporan Forbes 2020,dia adalah orang terkaya ke-54 di India dengan kekayaan seniali 4,6 miliar USD atau setara dengan 66,6 triliun rupiah.

Rakesh juga termasuk termasuk orang yang sering mengutarakan tentang pentingnya amal, terakhir pada 5 juli 2021 ia berkomitmen akan menyumbangkan 25% dari portofolionya atau 50 miliar rupee atau sekitar 9,7 triliun rupiah. bagi Rakesh, memberi bukanlah sekedar memberi, justru itu kewajiban.

.

Quotes

”Rakesh adalah sosok investor yang memberikan pelajaran kesabaran yang luar biasa kepada para investor lain. menurut rakesh, janganpernah panik ketika portifolio kamu sedang minus, Tapi percayakanlah investasi kamu pada saham yang kuat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai obrolan
Layanan konsumen
Hallo, Ada yang bisa kami bantu